Rabu, 28 Oktober 2009

Desmodromic dalam Ducati Desmosedici

Pada kejuaraan dunia MotoGP, Ducati Desmosedici memang sangat fenomenal. Terutama dalam hal kecepatan yang mampu dicapai oleh sepeda motor tersebut, serta tingginya putaran mesin yang mampu dicapai. Berdasarkan hal ini, maka akan timbul pertanyaan besar dibalik semua itu.

Ada teknologi apa di dalam mesin Ducati Desmosedici?

Ada salah satu keistimewaan dari Ducati Desmosedici yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain, keistimewaan tersebut terletak pada sistem kerja dari katup (klep).

Ducati Desmosedici memang punya katup (klep) unik. Pada Sistem Desmodromic proses buka-tutup klep diatur oleh benjolan kem. Tanpa tergantung kemampuan dari pegas klep seperti pada klep konvensional, sehingga lebih mampu untuk meminimalisir gesekan.

Dengan desmodromic buka-tutup klep lebih akurat. Saat in benar-benar diurut membuka klepnya. Perjalanan angkatan klep sesuai durasi chamshaft alias kem. Sebaliknya, juga begitu. Dia tidak tergantung kualitas dan situasi pegas klep. Bahan bakar yang diijeksi pun mengalir teratur.

Sistem Desmo memungkinkan mesin sanggup berkitir 19.000 rpm, bahkan bisa lebih. Juga penggunaan bahan bakar lebih irit. Tidak seperti mesin yang menggunakan katup pegas yang sering floating (mengambang) karena pengaruh dari panas mesin.

Otomotif-life

Otomotif merupakan sarana yang diciptakan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan manusia tersebut, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dewasa ini Otomotif bukan hanya sebagai sarana dalam kehidupan, akan tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Maka kiranya layak kalau kita menyebutnya dengan Otomotif-life.