1.Lepas cover body samping dan tengah sepeda motor
2.Lepas Karburator
3.Bersihkan Karburator
-Lepas mangkuk karburator dengan Obeng +
-Lepas pelampung karburator dengan mendorong pengaitnya keluar
-Lepas Pilot Jet dengan menggunakan Obeng –
-Lepas Main Jet dengan obeng –
-Bersihkan komponen (Bagian dalam karburator, Pelampung, Pilot Jet, Main Jet) dengan menggunakan bensin dan kuas, kemidian semprot dengan kompresor
-Rakit kembali Karburator
4.Bersihkan filter udara
-Buka enutup filter udara dengan Obeng +
-Keluarkan busa dan bersihkan dengan kompresor
-Pasang kembali busa pada filter udara
5.Penyetelan Katup
-Buka 2 penutup katup dengan kunci khusus/kunci inggris
-Buka 2 baut penutup magnet pada blok mesin bagian kiri dengan obeng –
-Putar magnet dengan kunci T 14 / 17 sampai pada posisi top kompresi
•Huruf T terlihat pada lubang di blok mesin bagian kiri
•Posisi kedua katup bebas (kocak)
-Setel katup dengan celah 0,05 mm (bebek) dan 0,1 mm (sport)
•Gunakan kunci ring 9 dan kunci penahan setelan katup
•Kendurkan baut penyetel katup
•Masukkan feller pada celah katup
•Kencangkan baut penyetel katup setelah ukurannya sesuai
•Lakukan bergantian untuk katup in dan ex
-Pasang kembali baut penutup katup dan baut pada blok mesin bagian kiri
6.Pasang karborator pada intake manifold kembali
7.Penyetelan Karburator
-Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 - 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
-Setel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm
-Hidupkan mesin
-Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 - 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 - 2,6 putaran.
-Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian (900 -1100 rpm)
-Lalu cek sekali dua kali untuk di gas dan setelah posisi idle mesin gak mati maka motor sudah enak
-Kalau masih mati ulangi proses dari pertama
8.Pasang kembali cover body samping dan tengah sepeda motor
9.Ganti oli
-Lepas baut pembuangan oli dengan kunci ring 17 / 19 / kunci khusus
-Buka tutup oli kemidian semprot dengan kompresor
-Pasang kembali baut pembuangan
-Masukkan oli baru
-Tutup baut penutup oli
10.Pengecekan Accu
-Pastikan ketinggian air Accu berada diantara upper dan lower
11.Setel ketegangan Rantai
-Kendurkan baut As roda belakang
-Putar mur penyetel rantai (sampai jarak aman rantai)
-Kencangkan kembali baut As roda belakang
-Lumasi rantai
12.Setel jarak main pengereman
13.Cek semua komponen kelistrikan body
-Klakson
-Lampu utama (hi dan low)
-Lampu sein
-Lampu rem
14.Cek kerja komstir
15.Bersihkan sepeda motor dengan lap
16.Kerjakan semua pekerjaan dengan teliti dan rapi