Selasa, 18 Oktober 2011

Oli Sintetik atau Mineral


 
untuk oli pelumas motor, standard JASO (Standar Otomotif Jepang) sangat diperlukan untuk mengatasi selip kopling.
Oli pelumas untuk motor 4-tak harus memenuhi standar JASO MA. Untuk lebih sempurna, harus dilakukan test JASO T904 untuk memastikan bekerja secara baik tanpa adanya gejala selip kopling..
Lain halnya dgn mobil yg tidak menganut sistim gearbox atau selip kopling, maka dari itu kami menggunakan contohnya seperti Aditif Friksi Modifier yg berfungsi untuk mencegah friksi ke mesin, yg notabene akan menambah tenaga pada mesin.
Utk motor, kami menyarankan agar motor menggunakan oli pelumas motor dan mobil menggunakan oli pelumas mobil.

Apakah perbedaan antara oli sintetik dan oli mineral?
Pelumas dikatakan "mineral" bila bahan dasarnya merupakan pengolahan dari minyak bumi mentah. Kalo pelumas sintetik dibuat melalui proses reaksi kimiawi yg menggunakan berbagai macam komponen bahan kimiawi.
Proses untuk menghasilkan pelumas sintetik melalui suatu proses yg rumit dan mahal. Tp terlepas dr itu, pelumas sintetik mempunyai sifat2 yg sangat bagus seperti lebih tahan terhadap proses oksidasi (mencegah terjadinya karat); dapat dipakai dalam berbagai macam suhu (seperti temperatur tinggi) dan juga memperpanjang jangka waktu penggantian oli pelumas.
Pelumas semi-sintetik dihasilkan dari pencampuran pelumas mineral dan sintetik. Pelumas ini dihasilkan dgn harga yg tidak terlalu mahal serta sifat2-nya lebih bagus drpd oli mineral karena lebih mengadopsi ke karakter bahan dasar pelumas sintetik untuk performa yg tinggi.

Apa arti 15w-40, 5w-40, dsb...?

Itu adalah kode SAE (Perkumpulan ahli2 otomotif) merupakan grade dari viskositas (kemampuan alir), yg merupakan hubungan pelumas mesin 4-tak dengan karakter viskositas "panas" dan "dingin".
Grade tsb dikategorikan sbb:
- Grade Winter (musim dingin), dilambangkan dgn kode "W", contohnya 15W.
- Grade Summer (musim panas), kode ini terletak dibelakang kode "W", contohnya 40.

Makin kecil kode grade winter (0W,5W,10W,15W,20W,25W) oli pelumas tetap berupa fluida pada suhu rendah and makin gampang pula mesin untuk dihidupkan pada kondisi paling dingin sekalipun.
Makin besar grade summer (20,30,40,50,60) oli pelumas tetap bisa mengalir pada suhu panas (100 derajat celcius) dan lebih melindungi motor pada saat penggunaan. Sekarang ini mesin dirancang untuk bekerja pada suhu panas dgn viskositas pelumas SAE 40.
Di musim dingin, grade dingin SAE 15W memungkinkan mesin untuk hidup tanpa masalah. Minyak pelumas dengan kode SAE 15W-40 cocok untuk beroperasi di daerah yg bersuhu -10 Celcius dan +40 Celcius. (Ikutilah rekomendasi dari pabrik pembuat).

Apa perbedaan oli mesin 4T utk mobil dan motor?

Perbedaan mendasar adalah gearbox mesin 4-tak motor dilumasi oleh oli pelumas mesin. ......

Bisakah dua tipe oli berbeda kualitas dan merk dicampur?
Untuk tipe oli yg sama (contohnya oli mesin 4-tak), pencampuran beda merk dan kualitas adalah mungkin. Tetapi waspadalah bahwa kita harus mengikuti tingkatan kualitas minimum yg telah direkomendasi oleh pembuat/manufaktur. Lebih dr itu, kualitas dari pencampuran tsb pada umumnya hasil yg diperoleh kurang bagus dan tergantung dari ketepatan proporsi pencampuran.(Sumber :jafa.auto69

Tidak ada komentar:

Posting Komentar